TUTORIAL PENGGUNAAN SVOD VERSI3

Kelengkapan Paket SVOD:

SOFTWARE DAN DRIVER

  1. Download software dan driver di link                                            http://svod-project.com/ru/download
  2. Install Driver dan Software
  3. Install Microsoft Netframework pada Windows 7

Langkah langkah Penggunaan:

Pasang SVOD Board pada SVOD Programer

Posisi pin 1 berada pada baris ke 5 pada soket SVOD Programer

Posisi SVOD yang sudah terpasang pada SVOD programmer

 

Ambil Motherboard yang EC/SIO nya ingin diprogram ,lalu pilih kabel flexible yang akan di gunakan dan pasang pada soket keyboard.

Pastikan kabel flexible yang cocok dengan pin out keyboard yang akan diprogram kemudian hitung jumlah pin pada keyboard tersebut untuk memastikan pin out yang sama pada programmer.

Sambungkan kabel usb dari SVOD ke Laptop/computer

Jalankan Sofware SVOD Versi3 dan pastikan bunyi Beep 1kali pertanda kabel telah terhubung ,jika bunyi Beep tidak keluar maka lepas dan pasang kembali kabel usb.

Sambungkan kabel ground dari keyboard module ke motherboard yang EC/SIO nya akan di program,untuk diketahui bahwa kabel ground tidak terdapat pada paket SVOD. Kita dapat menggunakan kabel HDD external USB2 atau kabel DVD external atau yang serupa .

KABEL GROUND

Pilih type ic yang akan di program: SPI25FLASH/ITE / ENE /MEC/ Nuvoton / SMSC dll

Baca Juga:   Catatan Teknisi

Konfirmasi bahwa ITE ic yang dipilih untuk di program.

Kemudian Klik  setup dan pilih “Select the motherboard”

Pilih type motherboard yang akan diprogram

Lalu klik setup dan pilih edit motherboard untuk memastikan pin out programmer sudah sama dengan type motherboard yang akan di program

Lalu pilih type Motherboard untuk melihat pin outs sudah sesuai.

Jika motherboard belum ada dalam data base SVOD programmer maka kita dapat mendownload data pin out online langsung dari software svod .Pastikan Laptop/computer terhubung ke internet sebelum masuk ke database online .

Berikut langkah mendownload data base pin out online.

Pilih Setup dan klik Online Database .

Lalu klik Coonect to server ,kemudian pilih type motherboard yang dibutuhkan dan download pin out file

File pin out akan langsung masuk ke database SVOD programmer .

Kemudian akan ada perintah untuk menghubungkan power pada software

.

Colok adaptor ke motherboard

Kemudan klik tombol Read ID

Jika sudah terbaca maka akan tampil seperti ini

Lalu klik Baca (Read)

Setelah File EC/SIO terbaca ,pertama tama sebaiknya file bawaaan di save terlebih dahulu dengan cara klik save pada panel diatas SVOD programmer dan simpan ke dalam hard disk laptop atau computer . Jangan lupa memberikan nama file tersebut sesuai dengan kode motherboard yang bersangkutan. Setelah di backup hapus file yang ada di EC/SIO dengan cara menekan tombol erase,tunggu sampai proses penghapusan selesai  lalu siapkan file yang mau di reprogram dengan cara klik tombol open dan ambil file yang tadi telah disiapkan. File EC yang teruji bisa didapati dari motherboard normal yang pernah kita backup/save melalui SVOD software atau juga bisa didapati dari forum forum teknisi yang banyak tersebar di media social dan internet.

Baca Juga:   TUTORIAL CARA PENGGUNAAN PSU 30V 5A

Setelah memiliki file yang dibutuhkan kemudian klik erase untuk menghapus program yang lama dan open file yang akan di masukkan dan write (tulis) .

Biasanya settingan defould svod pada saat write maka secara otomatis software akan menghapus kembali,blank checking,write dan terakhir Verify pertanda file baru telah berhasil di program kedalam EC

 

Berikut Cara mensetting pin out bagi motherboard yang tidak ada dalam database online serta menguploadnya ke dalam database online agar nantinya bermanfaat bagi orang banyak.

Klik Setup buka Edit motherboard

Kemudian tampilan SVOD akan terbuka seperti gambar dibawah ini :

Kemudian dengan menggunakan schematic atau Board viewer software cari soket keyboard untuk mendapatkan data Pinouts untuk motherboard yang akan di reprogram.

Lalu masukkan nama nama pin out yang ada di schematic atau board viewer ke dalam setingan pin out yang ada dalam SVOD software seperti gambar di bawah  ini.

Baca Juga:   PROCEDUR  PENGECEKAN LAPTOP YANG SUDAH SELESAI DISERVICE

Contoh : KS01 pin 11,KS10 pin 13,KS05 pin 15,KS02 pin 16,KS04 pin 17 ,KS06 pada pin 19 ,rubah pin out yang ada pada SVOD software sesuai dengan data yang ada pada pin pin soket keyboard sesuai dengan board view atau schema motherboard yang akan kita edit mulai dari pin 1 sampai ke pin yang terakhir. Untuk diketahui bahwa jumlah pin pin out ini tidak selalu sama . Berbeda motherboard maka berbeda pula jumlah dan penempatan nama nama pin outnya walaupun beberapa motherboard ada yang sama. Jika nama nama pin out yang ada pada schematic atau motherboard tidak ada pada settingan SVOD software maka pilihlah opsi NOT USE ,karena tidak semua pinout pada motherboard dibutuhkan untuk melakukan pemrograman. Kemudian tekan save dan berikan nama sesuai dengan motherboard yang bersangkutan dan upload pinouts file . Tunggu sampai ada konfirmasi upload ok pada kolom console pertanda upload pinouts file sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares