TUTORIAL CARA PENGGUNAAN PSU 30V 5A

 1.Amper/current meter adalah meteran control penggunaan arus pada saat Tegangan tidak digunakan maka amper akan terbaca 0.000 .jika terbaca 1.000 berarti pemakain arus sebesar 1 amper sedangkan jika terbaca 0.100 berati 0.1 amper dan begitu seterusnya.

Batas amper maximal 5A. Setingan menurunkan dan menaikkan amper meter dapat dilakukan melalui potensio dengan cara memutar ke kiri untuk menurunkan amper dan putar kekanan untuk menaikkan amper .Masing masing memiliki dua Potensio dimana potensio yg sebelah kiri menaikkan dan menurunkan tegangan secara pelan dan disebelah kanannya menaikkan dan menurunkan tegangan secara cepat.

 

2.Voltage /Tegangan Meter adalah Voltase monitor yang sedang digunakan ,jika terbaca 19V berarti tegangan yang tersedia pada positif pool PSU juga sebesar 19V.Batas maximal Tegangan adalah 30Volt .

Tegangan dapat diubah ubah sesuai dengan kebutuhan mulai dari 0,1V sampai dengan 30V dengan cara memutar potensio untuk tegangan .cara menaikkan dan menurunkan tegangan sama dengan cara menurunkan dan menaikkan amper.

Hindari merubah tegangan pada saat jack terpasang pada motherboard untuk menghindari kelebihan tegangan pada saat penyetelan nilai tegangan masuk kedalam sirkuit tanpa terkendali.

Baca Juga:   Catatan Teknisi

3.Masa biasanyanya ditanamkan ke tanah ,tetapi jika tidak digunakan tidak mengapa.

 

Pasang Kabel jack pada positif dan negative pool pada PSU,Jika kabel berwarna merah dan hitam umumnya merah adalah positif dan hitam adalah negatif. Apabila kabel jack power berwarna lain sebaiknya di uji dulu menggunakan multitester untuk menentukan kabel positif dan negative dengan cara menguji kontinuitas dari soket jack power ke kabel .Bagian luar jack power adalah negatif,sedangkan bagian dalam jack power adalah positif jika menemukan jarum atau pin didalam soket jack adaptor maka itu adalah adaptor id atau sensor pengenal produk adaptor itu sendiri. Pemasangan tidak boleh terbalik.jika terbalik maka PSU akan proteksi.

 

Sebahagian PSU dilengkapi dengan 30 bh universal jack adapter agar teknisi tidak harus berganti ganti adaptor pada setiap menggunaan jack yang berbeda ,cukup dengan mengganti jack yang sesuai dengan cara menghubungkannya ke jack standard.Sedangkan sebahagian PSU lainnya universal jack adaptor harus dibeli terpisah.

Baca Juga:   Tradisi Syawalan, Menjalin Silaturahmi Pasca Lebaran Teknisi Laptop Jogja

Pastikan tegangan sudah sesuai pada voltage meter dengan kebutuhan motherboard sebelum digunakan.

Contoh : Toshiba 19V,Lenovo 20V,Apple 16.5V ,Besaran power supply ini juga dapat dilihat pada stiker yang tertera pada bahagian bawah casing Laptop.

Jika pada saat penggunaan PSU berbunyi ,tegangan yang sudah di set turun secara drastis sedangkan amper meter meninggkat tinggi berarti ada short pada motherboard.Bersegeralah melepas jack adaptor untuk menghindari jalur terbakar.Keluarkan motherboard dari casingnya untuk melakukan pencarian komponen short.

 

Saat normal Voltase di set 19V dan monitor arus menunjukkan angka 0.000 pertanda PSU stanby tetapi saat jack adaptor dicolokkan/dipasangkan pada motherboard tiba tiba PSU berbunyi keras ,Voltase turun menjadi 00.2V dan arus meningkat drastis menjadi 2.626amper . Ini ciri ciri short di jalur awal +ADP .

Kabel sambung inject tegangan digunakan untuk menyuntik tegangan ke titik /jalur yang kehilangan tegangan.Aligator clip/penjepit dapat digunakan sebagai sambungan probe agar kabel lebih panjang .

 

Dengan kabel ini kita dapat lebih mudah untuk melalukan penyuntikan tegangan pada saat ingin mencari komponen yang short, Sebelum melakukan penyuntikan sebaiknya kita mengetahui besaran maximal tegangan yang boleh disuntikkan ke jalur yang terindikasi adanya short .Untuk mengetahui secara cepat kita dapat mengidentidikasi besaran tegangan yang tertera pada capasitor yang berada didalam jalur yang terindikasi short .

Baca Juga:   PROSEDUR PENERIMAAN DAN PENGECEKAN MOTHERBOARD MASUK(KIRIMAN)

Berikut kode besaran maximum tegangan yang diizinkan masuk pada capasitor :

Gambar diatas menerangkan besaran tegangan maximum pada setiap capasitor ,contoh : Jika kita menemukan  capasitor dengan kode d (hurup kecil) pada jalur yang short maka kita tidak boleh menyuntikkan tegangan lebih dari 2V kedalam jalur itu . Cobtoh lainnya jika kita menemukan capasitor dengan kode j(hurup kecil) maka kita tidak boleh menyuntikkan tegangan lebih dari 6.3V.

Pada saat penyuntikan berapapun tegangan yang akan disuntikkan set potensio amper pada level setengah, kemudian jika target panas(komponen short) belum ditemukan ,naikkan potensio amper secara bertahap sampai target panas ditemukan.

Power by experiences of Adiedkhaz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares