PROSEDUR PENERIMAAN DAN PENGECEKAN MOTHERBOARD MASUK(KIRIMAN)

PROSEDUR PENERIMAAN DAN PENGECEKAN MOTHERBOARD MASUK(KIRIMAN)
Agustus 3, 2018 No Comments News, Tutorial Servis adiedkhaz

1.Cek Kode motherboard ,dan tanyakan  voltase adaptor dan amper kepada teknisi.

2.Perhatikan kelengkapan Motherboard, Procesor,memory,fan dan hitsink, tombol power,jack power ,vga port dan lakukan pendataan. Periksa juga disekeliling motherboard jika ada komponen yang hilang,chip yang hilang atau tanda tanda terbakar,sirkuit bolong,korosi dan hal hal yang mencurigakan lainnya. Jika ada maka abaikan langkah selanjutnya dan serahkan kepada teknisi. Jika Semua kelengkapan prosesor,fan dan hitsing, tombol power ,jack adaptor tersedia dan tidak terlihat kerusakan fisik motherboard maka lakukan  langkah selanjutnya.

3.Cari jack adaptor yang sesuai dan tancapkan pada Motherboard “PERHATIKAN” jika ada indikasi short     “Voltase PSU langsung drop/turun dan Amper meter Naik” Jika ini terjadi segera lepaskan jack PSU dan data kondisi motherboard Short VALW.

Baca Juga:   Komponen yang ada pada sirkuit laptop dan symbol yang mewakilinya

4.Jika tidak terjadi tanda tanda “Short” perhatikan peningkatan amper PSU setelah dicolokkan , jika amper naik dan Voltase tetap maka itu pertanda Voltase/tegangan masuk .

 5.Jika tidak ada tanda tanda amper naik/terpakai ,perbaiki posisi jack psu atau mungkin jack tidak cocok dan segera cari jack lainnya .jika masih tetap tidak ada peningkatan amper maka tekan power swich /tombol power dan jika tetap tidak ada respon (amper tidak naik/terpakai sama sekali) maka kondisi ini disebut dengan mati total .

6.Jika setelah di swich on amper bergerak naik dan kemudian drop kembali saat sebelum di switch on kondisi ini disebut dengan power drop.

9.Data kode motherboard ,nama,alamat  dan no telephone pemilik motherboard  dan sebutkan kondisi motherboard  yang telah diuji seperti diatas sebagai gejala permasalahan pada nota service.

Baca Juga:   PROSEDUR PENERIMAAN DAN PENGECEKAN LAPTOP MASUK

10.Data kelengkapan motherboard yang  diterima .sebutkan juga jika ada komponen yang hilang, cacat fisik seperti pecah,retak,bolong  dan lain sebagainya dan lakukan pencatatan pada nota service serta tempelkan nomer nota service pada motherboard bersangkutan.

11.Foto motherboard bolak balik dan perlihatkan kondisi fisik secara keseluruhan pada saat barang diterima.

13.Lakukan konfirmasi kepada pengirim atas penerimaan barang berikut data kelengkapan motherboard serta kondisi saat diterima dan simpanlah SMS konfirmasi dan foto sebagai arsip.

copyright-adiedkhaz

About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shares
EnglishIndonesian
error: Hargai Karya...!