PROSEDUR PENERIMAAN DAN PENGECEKAN LAPTOP MASUK

PROSEDUR PENERIMAAN DAN PENGECEKAN LAPTOP MASUK
Agustus 3, 2018 No Comments News, Tutorial Servis adiedkhaz

1.Cek Merk ,seri, voltase adaptor , amper dan lakukan pendataan.

2.Cari jack adaptor yang sesuai dan tancapkan pada laptop “PERHATIKAN” jika ada indikasi short     “Voltase PSU langsung drop/turun dan Amper meter Naik” Jika ini terjadi segera lepaskan jack PSU dan lepaskan Batterai.

3.Jika tidak terjadi tanda tanda “Short” perhatikan peningkatan amper PSU setelah dicolokkan (dalam kondisi batterai terpasang) jika amper naik dan Voltase tetap maka itu pertanda Voltase/tegangan masuk .dan jika amper terus meningkat naik itu pertanda pengisian batterai sedang berlangsung .Tanda tanda batterai baik penggunaan amper akan meningkat mulai dari 0.4amp sampai dengan 2.0a dalam kondisi sebelum di swich on .

4.Jika tidak ada tanda tanda amper naik/terpakai ,perbaiki posisi jack psu atau mungkin jack tidak cocok dan segera cari jack lainnya .jika masih tetap tidak ada peningkatan amper maka tekan power swich /tombol power dan jika tetap tidak ada respon (amper tidak naik/terpakai sama sekali) maka kondisi ini disebut dengan mati total ,sedangkan kondidi batterai baik atau tidak baik belum dapat diketahui.

Baca Juga:   9 Tips Perawatan Laptop Agar Selalu Awet

5.Lepas Batterai kemudian lakukan prosedur langkah 4 jika kondisi sama maka permasalahan adalah laptop mati total.

6.Jika setelah di swich on amper bergerak naik dan kemudian drop kembali saat sebelum di switch on kondisi ini disebut dengan power drop.

7.Jika setelah di switch on amper bergerak naik (0.2amp s/d 2.0)maka kondisi ini disebut dengan tidak display atau no post.

8.Jika laptop berhasil masuk windows dan terlihat normal maka tanyakan kepada user/pemiliknya keluhannya apa lakukan pencatatan pada nota service.

9.Data merek dan seri Laptop ,nama dan no telephone pemilik laptop dan sebutkan kondisi laptop yang telah diuji seperti diatas sebagai gejala permasalahan pada nota service.

Baca Juga:   Gejala dan analisa kerusakan pada laptop komputer

10.Data kelengkapan Laptop yang akan diterima ,ada atau tidaknya batterai,adaptor,hard disk,cdrom,keyboard dll .sebutkan juga jika ada cacat fisik seperti pecah,retak dan lain sebagainya.

11.Catat masih ada segel atau tidak/segel rusak . Jika masih ada segel resmi dari pabrik tidak perlu mendata kelengkapan ,pastilah isi dan spesifikasi laptop masih sama dengan laptop review yang dapat di browsing di situs resmi laptop bersangkutan.

12.Jika short, mati,no display,power drop,minta usernya untuk menanda tangani LCD/LED unuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan dikemudian hari karena kita tidak mengetahui kondisi LCD/LED pada saat barang diterima.

  1. Jika short atau mati ,mintalah usernya untuk menyerahkan adaptornya untuk diperiksa agar jika sumber masalah datang dari adaptor agar dapat diatasi terlebih dahulu agar permasalahan yang sama tidak terjadi kembali selama masa garansi.
Baca Juga:   WOW, Tak disangka sangka, KPU menetapkan 3 Nama Calon Ketua TLJ Periode 2019/2021

14.Tanda tangani serah terima barang kemudian minta pemiliknya menanda tangani juga lalu nota yang berwarna putih serahkan kepada pemiliknya .Katakan bahwa kita akan konfirmasi melalui SMS detil kerusakan ,biaya dan estimasi waktu pengerjaannya.

15.Tempelkan stiker label dan tulis nomer service sesuai dengan nomer nota kemudian antarkan ke ruang teknisi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

copyright-adiedkhaz

About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shares
EnglishIndonesian
error: Hargai Karya...!