Gejala dan analisa kerusakan pada laptop komputer

Gejala-gejala kerusakan dan standard pemeriksaan .

1.Hank , Restart,gagal loading ,Blue screen, tidak bisa di instal OS

-Software checking

Untuk mengetahui apakah yang bermasalah seputaran  software ,coba hidupkan Laptop tanpa menggunakan hardisk (Hdd). biasakan melepas battrai saat pemeriksaan.

Hidupkan Laptop masuk kemudian masuk ke bios setup (F2/F10/dell)  ubah settingan ke setup defauld (f)9 kemudian save and exit (F10 enter).Gunakan WINDOW X Teknisi Indonesia atau Hirent boot utility (f11 atau F12 untuk merubah boot option-boot from usb fdd/cd- atau merubah setingan boot priority kepada usb hdd . jalankan windows mini dari usb fdd atau cd lakukan pengecekan system, jika tidak ada masalah kemungkinan besar permasalahan terletak  pada HDD atau Operating systemnya

 

Recovery system atau Instal ulang OS(windows/mac/linuk) jika masih bermasalah coba jalankan dengan menggunakan HDD lain.jika normal berarti permasalahannya terjadi pada HDD drivenya.

Jika analisa tersebut diatas sudah dilakukan ternyata masih bermasalah,kita lakukan analisa berikutnya:

-Hardware cheking.

Lepaskan semua device(hdd,optick,keyboard,Lcd,wifi,modem,battery c-mos,battery pack dll) biarkan processor , memori sodim,hitsink fan terpasang,

Hidupkan Laptop dengan menggunakan Lcd external,keyboard external dan Hdd.

jika Laptop berjalan dengan normal,berarti salah satu device yang telah di lepas ada yang bermasalah,

Pasang kembali device satu persatu untuk mengetahui device  yang bermasalah.

Jika prosedur diatas telah dilakukan tetapi Laptop masih bermasalah,dapat kita pastikan permasalahan terletak  pada circuit motherboard .

Sebelum melakukan pengecekan pada componen yang tertanam(onboard),kita mulai melakukan pengecekan pada komponen yang non onboard terlebih dahulu.

-Pengecekan pada ram/sodim,lakukan penggantian memori atau dengan memindahkan memori ke soket yang lainnya untuk mengetahui apakah hanya soket memori yang bermasalah.

-Lakukan analisa yang sama seperti diatas pada procesor.

jika permasalahan masih terjadi dapat kita pastikan permasalahan terjadi pada komponen motherboard .Jika blue screen /restart saat booting /loading OS ,cek vccore spike (lonjakan tegangan) umumnya terjadi pada sirkuit yang menggunakan kapasitor  tokin yang melemah atau kekurangan daya dan membutuhkan penggantian Tokin yang short atau penambahan beberapa kapasitor sebagai penguat arus. Atau permasalah bisa juga disebabkan oleh  southbridge yang gagal fungsi karena koneksi BGA tidak sempurna,ME region corrupt atau microcontroller (main bios).

Kemungkinan masalah lain yang menjadi penyebab adalah  konflik pada dual VGA atau VGA chip melemah atau kekurangan daya atau koneksi  BGA  merenggang atau teroksidasi ,cirinya sebelum VGA driver terinstal proses loading OS berhasil ,begitu VGA driver diinstal VGA chip gagal fungsi kemudian bluescreen atau restart.

  1. .Power hidup,bisa masuk windows tetapi battery tidak terdeteksi.

Kelanjutan artikel ini hanya bisa dibaca oleh Premium Member, silahkan login disini dulu atau Registrasi di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares