Catatan Teknisi

Catatan Teknisi
Agustus 3, 2018 No Comments News adiedkhaz
Membedakan  standard harga jasa service laptop antara end user dan sub user nampaknya memang harus menjadi perhatian bagi pelaku jasa perbaikan Laptop ,mengingat pelayanan kepada end user menuntut agar pada saat serah terima barang Laptop sudah siap untuk digunakan. Sedangkan pelayanan kepada sub user hanya pada permasalahan pokok saja, misalnya mati total pelayanan yang diberikan hanya sebatas menghidupkan motherboard saja.Seandainya setelah motherboard hidup  ada permasalahan pada device  lainnya  selain motherboard sehingga Laptop tidak berjalan normal akan menjadi resiko pada sub user . 

Penting untuk difahami bahwa sub user yang hanya mengirimkan motherboard saja sebaiknya setelah diservice motherboard di tes tanpa device lainnya untuk menghindari kerusakan kembali terjadi pada motherboard akibat adanya periperal atau kabel  yang short .waspadai juga jangan kelupaan memasng soket kabelFan, jika kelupaan fan tidak bekerja dalam waktu yang cukup lama pada saat pengujian akan membuat chip akan kepanasan yang bisa mengakibatkan kerusakan pada chip .

Baca Juga:   Elektronika Komputer

Memberikan penjelasan kepada end user terlebih dahulu bahwa kontrak kerja awal adalah menghidupkan motherboard  ,setelah itu baru device lain seperti LCD/LED,keyboard,battery dll akan diketahui baik atau tidaknya setelah motherboard sudah dihidupkan . Jika end user yakin bahwa sebelumnya device lainnya dalam kondisi baik berarti end user siap menanggung resiko seandainya ternyata setelah motherboard dihidupkan ada permasalahan lainnya.Untuk menghindari Fitnah atau prasangka sebagai suatu keharusan end user dimintai untuk menandai setiap device pada saat serah terima barang .Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika pengerjaan motherboard sudah selesai ternyata LCD/LED bermasalah kedua belah pihak bisa memastikan bahwa lcd/led yang sudah ditandai memang sudah rusak pada saat serah terima barang. Sehingga sangatlah tidak etis jika pengerjaan motherboard dibatalkan disebabkan biaya service dan penggantian LCD/LED akan membengkak.

Permasalahan ini banyak merugikan para sub user jika tidak menjelaskan kepada end user sedari awal apalagi seringnya end user meminta harga all in one atau bertanya biaya segitu sudah ok semua kan?sudah tidak ada tambahan biaya lagi kan?….jika kita mengatakan ya berarti kita siap menanggung resiko jika hal yang dijelaskan diatas terjadi .

Baca Juga:   Cara menggunakan Hp DMI Tool (Program ulang serial nomer)

Mengantisipasi resiko ini sub user harus mengambil margin keuntungan yang besar sehingga jika hal ini terjadi paling tidak akan memperkecil resiko kerugian .

Selain itu end user juga harus diberi tahu bahwa perbaikan hardware tidak termasuk perbaikan software ,jika setelah motherboard dihidupkan ternyata operating system juga bermasalah maka end user akan dikenakan biaya recovery.

Penjelasan tentang ruang lingkup garansi juga harus dijelaskan di awal bahwa garansi hanya berlaku pada permasalahan yang sama ,jika awalnya laptop mati total dan dalam masa garansi menjadi no display atau power drop tentu saja permasalahannya berbeda karena mati total permasalahan terjadi pada jalur VALW(voltage always) sedangkan No display atau power drop permasalahan yang terjadi pada jalur VS (voltage on switch).

Baca Juga:   PROSEDUR PENERIMAAN DAN PENGECEKAN LAPTOP MASUK

Terkadang yang sulit menjelaskan jika no display pada saat masuk pertama diakibatkan masalah chip dan kembali no display karena masalah VCCORE (power procesor) .jika ini terjadi tentu saja akan menjadi resiko teknisi.

Perlu menjadi catatan juga apabila laptop yang sudah selesai diservice jika tidak diambil untuk waktu yang cukup lama , laptop wajib di hidupkan dan dites kembali .Penyimpanan atau suhu ruang yang lembab dapat menimbulkan jamur pada sirkuit dan menjadi permasalahan baru. Kerusakan pada batterai juga dapat terjadi apabila laptop tidak dihidupkan dalam waktu yang cukup lama.

About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shares
EnglishIndonesian
error: Hargai Karya...!