Elektronika Komputer

Elektronika Komputer
Juli 31, 2018 No Comments Elektronika, News adiedkhaz

Laptop Power Supply dan Micro controller 

Laptop Komputer menggunakan arus DC.Besaran power supplay tergantung dari merek laptop itu sendiri ,Beberapa merek menggunakan 16V~18V untuk produk Apple,18.5V untuk produk Hp Compaq dan Axioo,19V untuk Produk Acer,Toshiba dan lain lain. Kita dapat melihat besaran power adaptor pada keterangan yang ada pada adaptor atau juga dapat dilihat dibawah laptop ada stiker yang bertuliskan merek,seri dan besaran Voltase dan arus laptop yang bersangkutan.Besaran Arus juga berfariasi ,mulai dari 1.5amper sampai dengan 7amper.

VALAW (Voltage always)

Voltage Always adalah power supply yang stand by pada titik titik yang telah ditentukan pada circuit board Laptop pada saat adaptor dipasang ,besaran power ini sama dengan besaran power adapter.

Baca Juga:   Jenis Resistor dan Fungsinya

 

Power cord/DC JACK sebagai konektor suplay power (arus dan tegangan . Dari sinilah Arus dan tegangan masuk sebagai sumber Power suplay sirkuit,dalam bahasa elektonik tegangan yang masuk disebut dengan VADP+(Voltage adaptor) atau Vin,V+ dan akan ditemukan juga istilah lainnya.

SMPS (3V/5V System power Regulator)

SMPS adalah Swicth Mode Power supply dimana power utama diolah menjadi auxilary power ,besaran auxilary power umumnya 3V.IC ini bertugas menghasilkan tegangan ini dan mendistribusikannya kepada Embedded controler.kemudian Embedded controler ini mendata sensor sensor perintah berdasarkan pengaturan EC Firmware untuk mendistribusikan power dan signal .

Cara kerja SMPS

Kelanjutan artikel ini hanya bisa dibaca oleh Premium Member, silahkan login disini dulu atau Registrasi di sini

About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shares
EnglishIndonesian
error: Hargai Karya...!